Modifikasi Pesan Error Command Not Found Di Terminal Linux

Modifikasi Pesan Error "Command Not Found" di Terminal Linux - Kali ini aku mau share salah satu trik unik yang berkaitan dengan terminal di linux, trik unik apakah itu ? bagi sobat-sobat para pengguna sistem operasi linux mungkin sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya terminal.

Ketika kita salah mengetikan baris perintah biasa nya akan muncul pesan error command not found maksud dari pesan tersebut adalah membuktikan kepada kita jikalau perintah atau syntax yang kita input tidak ada dan tidak dapat di sanksi oleh system linux, pola aku mengetikan perintah exit untuk keluar dari terminal linux tapi salah ketik jadi exitt maka otomatis akan muncul pesan error menyerupai gambar dibawah ini :


Pertanyaan nya gimana jikalau kita mau ganti pesan error diatas sesuai dengan kalimat yang kita mau ? selamat, sahabat berada di daerah yang sempurna :-D

Cara Modifikasi Pesan Error Command Not Found di Terminal Linux

Trik ini tidak ada kaitan nya dengan peningkatan performa komputasi linux kita yah sobat, jadi trik ini dibentuk semoga kita dapat betah lama-lama berlinux ria. Gimana caranya ? baiklah check it out.

Buka file .bashrc menggunakan gedit dengan cara mengetikan perintah ini di terminal.
$ sudo gedit .bashrc
Masukan password root atau password super user sobat, pada file .bashrc kita tambahkan script ini di baris paling bawah, ingat hanya menambahkan jangan hingga merubah script yang sudah ada di dalamnya.

command_not_found_handle () {          printf "Gak ada perintah kaya gitu, coeg !!! Coba perintah yang lain aja yaa!\n"      return 127  } 

Lihat pola screenshoot pada gambar dibawah ini.


Kalau sudah ditambahkan save dan close file .bashrc nya, kini silahkan coba ketikan perintah yang salah di terminal linux dan alhasil akan menyerupai ini, tarrraaa ..


Kelebihan sistem operasi linux adalah dapat kita otak-atik sesuai selera kita, salah satunya ya menyerupai trik yang sudah aku tulis diatas, semoga bermanfaat dan salam open source :-)


Source references : 
https://scrapdesignsbydonna.blogspot.com//search?q=modifikasi-command-not-found-terminal-linux

0 Response to "Modifikasi Pesan Error Command Not Found Di Terminal Linux"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel