Menampilkan Trash Indicator Di Panel Elementary Os


Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS  Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS
Image taken from : www.pixabay.com

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS
- Sesuai dengan judul di postingan kali ini aku akan menunjukkan cara untuk menampilkan trash indicator di panel elementary os freya, fitur ini berdasarkan penulis cukup bermanfaat dikala ingin membersihkan file yang ditampung di dalam trash alasannya cukup tinggal klik icon trash dan pilih empty trash saja. Tapi sebelumnya aku kasih screenshoot sebelum fitur trash indicator di install.

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS  Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS

Apa itu Trash Indocator  Pada Elementary OS ?

Trash ialah istilah lain pada sistem operasi berbasis GNU/Linux dari kata recycle bin. Kaprikornus singkat nya ialah trash itu sama saja dengan recycle bin yang ada pada sistem operasi berbasis microsoft windows hanya penamaan nya saja yang berbeda, fungsi nya pun sama yaitu untuk menampung semua file yang kita hapus dari file manager sebelum benar benar di hapus secara permanen.

Sedangkan trash indicator ialah salah satu applet yang dapat kita install yang berfungsi sebagai shortcut untuk mengakses folder trash, dengan adanya trash indicator ini kita dapat menghapus semua file yang tersimpan di folder trash hanya dengan cara klik kanan pada icon nya dan pilih empty trash tanpa harus membuka folder trash nya.

Cara Install Trash Indicator Pada Panel Elementary OS

Setelah mengetahui kegunaan nya kini kita lanjut ke proses installasi nya. Gimana caranya ? sahabat harus download software nya dulu disini, jikalau sudah di download masuk ke direktori dimana software tersebut berada secara default akan masuk ke direktori Downloads.
$ cd Downloads/
Kemudian install software nya dengan memakai GDebi Package Installer
$ sudo gdebi trashindicator_1.00-1_all.deb 
Masukan password root sahabat dan ketik Y di keyboard untuk melanjutkan, jikalau sudah selesai trash indicator tidak akan pribadi muncul di panel, sahabat harus ketikkan perintah ini di terminal.
$ killall wingpanel 
Kemudian restart komputernya, sehabis masuk ke desktop Elementary OS maka akan muncul icon trash indicator di panel kanan atas, kurang lebih ibarat ini.

Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS  Menampilkan Trash Indicator di Panel Elementary OS

Kesimpulan

Dengan menginstall trash indicator pada panel Elementary OS ini akan sangat memudahkan dikala kita akan menghapus semua file yang tersimpan di folder trash tanpa harus mengakses nya melalui file manager.


Karena dengan trash indicator ini kita hanya perlu melaksanakan klik kanan kemudian pilih empty trash saja, sehabis itu maka semua file yang sudah sahabat hapus dan tersimpan di folder trash akan terhapus secara pribadi dan permanen. Oke sob, hingga disini dulu tutorialnya, agar bermanfaat dan go open source ;)


Source references : 
https://marisharingilmu.wordpress.com/tag/trash-indicator-ubuntu/

0 Response to "Menampilkan Trash Indicator Di Panel Elementary Os"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel