Cara Gampang Menciptakan Slingshot Transparan Di Elementary Os

Elementary OS memakai desktop environment pantheon dan slingshot sebagai launcher untuk menampilkan sajian aplikasi nya, desktop environment di elementary os freya di design dengan tampilan yang indah sehingga menciptakan kita betah berlama-lama di depan laptop.

Tapi saya kurang suka dengan tampilan slingshot nya yang terkesan kaku tanpa ada efek transparan atau aero glass mirip di OS tetangga, alasannya alasan itulah saya posting artikel ini. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial bagaimana cara menciptakan slingshot di elementary os terlihat transparan supaya lebih menarik.

Tampilan slingshot dengan efek transparan akan menunjukkan nuansa yang adem dan terlihat lebih elegan dan menciptakan kita betah berlama-lama memakai nya, maklum saja alasannya slingshot di elementary OS yang memakai desktop pantheon ini dapat di ibaratkan mirip "jantung" alasannya untuk membuka aplikasi apapun kita harus membuka nya dari slingshot.

Berikut pola slingshot dengan efek transparan yang ada pada desktop pantheon elementary OS yang saya pakai.


Cara Install Tema Transparan Pada Slingshot Elementary OS

Sebelum kita menginstall theme transparan untuk mengubah tampilan slingshot maka tampilan slingshot akan terlihat dengan background putih yang terkesan kaku. Kalau teman tertarik untuk menginstall theme transparan nya silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Pertama,  buka terminal linux teman dan copy/paste atau ketik manual perintah dibawah :
$ sudo add-apt-repository ppa:yunnxx/elementary
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install elementary-transparent-theme
Kalau sudah berhasil di install cara mengkonfigurasi nya pun sangat mudah, ialah masuk ke System Setting > Tweaks > Appearance lalu ganti Metacity Theme dan GTK+ Theme menjadi transparent, silahkan restart laptop teman dan lihat perubahan yang terjadi.
Semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Slingshot Transparan Di Elementary Os"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel