Format Flashdisk Di Linux Via Terminal

Format flashdisk biasa nya dilakukan dikala flashdisk yang kita punya sudah terlalu banyak terkena file yang berisi virus, malware dan lain-lain. Atau sebab flashdisk teman sudah terlalu banyak file dan ingin menghapus file di dalam nya dengan cepat tanpa harus menghapus satu persatu, apapun itu alasan nya memformat flash disk sangat lah mudah.

Tapi tidak ibarat di windows memformat flashdisk hanya dengan cara klik kanan kemudian pilih format, di linux jika teman ingin format flashdisk memang punya cara yang berbeda, dapat pakai software utility pihak ketiga dan dapat juga melalui terminal linux itu sendiri, nah di artikel ini saya akan membahas cara gampang format flashdisk di terminal linux.

Bagaimana caranya ? silahkan buka terminal dengan cara menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T pada keyboard dan ketikan perintah berikut :
$ df -h
Flashdisk saya berada di /dev/sdb1, lakukan unmount terlebih dulu sebelum di format dengan mengetikkan perintah :
$ sudo umount /dev/sdb1
Silahkan masukkan password root sobat, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah.

 Format flashdisk biasa nya dilakukan dikala flashdisk yang kita punya sudah terlalu banya Format Flashdisk di Linux via Terminal

Kalau sudah di unmount tahap terakhir format flashdisk dengan mengetikkan satu baris perintah :
$ sudo mkfs.vfat /dev/sdb1
Silahkan tunggu hingga proses format selesai, perlu diperhatikan /dev/sdb1 harus diganti sesuai dengan letak flashdisk teman ya. Selamat mencoba !

0 Response to "Format Flashdisk Di Linux Via Terminal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel