Install Elementary Tweaks Tools Di Elementary Os Freya Dan Luna

Elementary OS merupakan salah satu distro linux turunan ubuntu, jikalau di ubuntu yang memakai desktop unity kita mengenal Unity Tweaks Tools, maka di Elementary OS kita dapat menginstall Elementary Tweaks Tools yaitu software utility yang dapat kita gunakan untuk mengubah tampilan, fonts, animasi, plank, terminal dan slingshot pada desktop pantheon milik elementary OS.

Setiap DE (desktop environment) pada sistem operasi berbasis GNU/Linux mempunyai tweaks tools masing-masing yang harus di install apabila kita ingin mengkustomisasi tampilan desktop, jenis - jenis tweaks tools diantara nya :

  • Unity Tweaks Tools, yaitu tweaks tools untuk mengkustomisasi desktop unity yang merupakan desktop default pada distro linux ubuntu.
  • Gnome Tweaks Tools, yaitu tweaks tools untuk mengkustomisasi desktop Gnome

Meskipun elementary OS ialah distro linux turunan ubuntu tapi sebab mempunyai desktop environment sendiri maka kita tidak dapat memakai Gnome tweaks tools maupun Unity tweaks tools, kemudian bagaimana solusi nya ? tentu saja kita harus menginstall Elementary tweaks tools.

Apa itu Elementary Tweaks Tools ?

Elementary Tweaks Tools ialah sebuah aktivitas atau software utility yang dipakai untuk mengubah tampilan pada desktop pantheon khas elementary OS, dengan tweaks tools ini kita dapat menyesuaikan fonts yang digunakan, mengubah tampilan plank, menambahkan animasi, mengkustomisasi GTK themes, metacity, console terminal bahkan mengubah tampilan slingshot biar lebih menarik.

Pada tutorial ini aku akan share tutorial cara install elementary tweaks tools di elementary OS Freya dan elementary OS Luna.

Cara Install Elementary Tweaks Tools di Elementary OS Luna

Untuk menginstall elementary tweaks tools di elementary OS Luna, silahkan tambahkan PPA repository dibawah ini :
$ sudo apt-add-repository ppa:versable/elementary-update
$ sudo apt-get update
Setelah menambahkan PPA repository dan update repository selanjutnya kita install elementary tweaks tools nya dengan mengetikkan perintah berikut :
$ sudo apt-get install elementary-tweaks
Tunggu hingga simpulan proses installasi nya.

Cara Install Elementary Tweaks Tools di Elementary OS Freya

Berikut cara menginstall Elementary Tweaks Tools di Elementary OS Freya, buka terminal kemudian ketikkan perintah dibawah ini satu persatu.
$ sudo add-apt-repository ppa:mpstark/elementary-tweaks-daily
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install elementary-tweaks
Setelah simpulan sahabat tidak akan menemukan nya di hidangan launcher atau slingshot, untuk membuka hidangan Elementary Tweaks Tools silahkan buka slingshot - system setting - tweaks.

merupakan salah satu distro linux turunan ubuntu Install Elementary Tweaks Tools di Elementary OS Freya dan Luna

Klik hidangan Tweaks kemudian akan muncul tampilan tweaks tools menyerupai gambar dibawah ini, di halaman tweaks tools ini kita dapat mengkustomisasi tampilan desktop eOS Freya yang kita pakai mulai dari Metacity Theme, GTK+ Theme, Icon dan Cursor Theme, mengubah jenis fonts, plank, slingshot bahkan mengkustomisasi tampilan console terminal.

merupakan salah satu distro linux turunan ubuntu Install Elementary Tweaks Tools di Elementary OS Freya dan Luna

0 Response to "Install Elementary Tweaks Tools Di Elementary Os Freya Dan Luna"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel