Install Wps Office 9.1.0 Alpha 15 Di Elementary Os

Secara default, di Elementary OS tidak tersedia aplikasi perkantoran atau office baik itu LibreOffice maupun OpenOffice sesudah kita selesai menginstall-nya, untuk mengatasi duduk perkara itu bahwasanya kita dapat menginstall LibreOffice aplikasi perkantoran khas linux, tapi berdasarkan saya interface yang disajikan cukup membingungkan apalagi untuk orang yang gres mengenal linux menyerupai saya.

Lalu adakah aplikasi office yang mempunyai interface lakaknya Ms. Office di linux ? jawabannya tentu ada, kita dapat menginstall WPS Office untuk keperluan mengolah kata, angka atau untuk keperluan presentasi sekalipun.

Pengertian WPS Office

WPS Office yaitu sebuah paket aplikasi perkantoran yang tersedia untuk Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Android, software ini dikembangkan oleh developer yang berbasis di Zhuhai, Tiongkok, China. Sebelumnya software ini dikenal dengan nama Kingsoft Office yang dapat dipakai untuk keperluan mengolah data (Writer), mengolah angka (Spreadsheets) dan presentasi (Presentation).

WPS Office sendiri terdiri dari 3 (tiga) komponen utama yaitu : WPS Writer, WPS, Spreadsheet dan WPS Presentation.

Cara Install WPS Office di GNU/Linux

Di artikel ini saya akan membagikan tutorial cara install wps office 9.1.0 alpha 15 di linux elementary os, versi elementary os yang saya gunakan yaitu 32 bit, tapi teman yang mempunyai versi elementary os 64 bit tidak perlu kuatir alasannya yaitu cara ini dapat berjalan dengan baik di elementary os 32 dan 64 bit.

A. Download file Kingsoft WPS Office *.deb

Untuk mendownload versi terbaru wps office teman dapat pribadi mendownload nya di website http://wps-community.org/download.html   

atau via terminal dengan mengetikkan atau copas perintah berikut :
wget http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a15/wps-office_9.1.0.4751 a15_i386.deb
Update !!!
WPS Office untuk linux ketika ini sudah tersedia versi terakhir yaitu wps-office_10.1.0 yang dapat teman download pribadi di website resmi nya  dengan mengklik link diatas atau DISINI.

B. Cara Installasi

Setelah berhasil di download selanjutnya kita lakukan installasi dengan cara masuk ke direktory daerah file tersebut berada biasa nya di directory download, buka terminal kemudian sanksi dengan mengetikan perintah berikut :
$ sudo dpkg -i wps-office_9.1.0.4751 a15_i386.deb  
$ sudo apt-get -f install
Kalau sudah selesai di install teman dapat menginstall bahasa dan font pelengkap untuk WPS Office yang sudah di install tadi, masih di terminal kemudian ketikan perintah berikut : 
wget http://kdl.cc.ksosoft.com/wps-community/download/a15/wps-office-fonts_1.0_all.deb
Gunakan perintah di bawah ini untuk menginstall-nya
sudo dpkg -i wps-office-fonts_1.0_all.deb 
Selesai, kini teman dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan dan yang niscaya aplikasi ini sudah support file docx dan xlsx, berikut teladan screenshoot nya.


 di Elementary OS tidak tersedia aplikasi perkantoran atau office baik itu LibreOffice mau Install WPS Office 9.1.0 Alpha 15 di Elementary OS

Oh ya, perlu teman ketahui bahwa WPS Office ini meskipun mempunyai interface yang hampir menyerupai dengan Ms. Office pada sistem operasi windows tapi mempunyai kekurangan salah satu nya tidak adanya fitur mail merge sehingga teman tidak dapat memakai fitur mail merge pada WPS Office.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman yang lagi galau nyari-nyari aplikasi office yang cocok di pakai di Elementary OS. Salam open source :-)


Source references :
http://gamblisfx.com/install-kingsoft-office-9-1-0-alpha-15-on-elementary-os-freya/

0 Response to "Install Wps Office 9.1.0 Alpha 15 Di Elementary Os"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel